Example 728x250
POLITIK

14 Caleg Incumbent Kehilangan Kursi, DPRD TTS Periode 2024-2029 Dihiasi 21 Wajah Baru

503
×

14 Caleg Incumbent Kehilangan Kursi, DPRD TTS Periode 2024-2029 Dihiasi 21 Wajah Baru

Share this article
Example 468x60

Ket Foto : Perolehan kursi di DPRD Kabupaten TTS 

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – 14 Caleg incumbent gagal mempertahankan kursinya pada Pileg 2024 di Kabupaten TTS. Ke-14 Caleg incumbent tersebut kalah bersaing dari caleg pendatang baru atau pun karena partai sang Caleg gagal mengamankan kursi akibat kalah akumulasi suara.
Di Dapil 1, dari 8 incumbent yang ikut bertanding, hanya 4 incumbent yang berhasil mempertahankan kursinya. Sementara 4 incumbent lainnya dipastikan harus kehilangan kursi berdasarkan pleno KPU Kabupaten TTS yang berakhir pada Kamis 7 Maret 2024 pagi.
Yusuf Soru, Habel Hotty, Relygius Usfunan dan Jean Neonufa berhasil mempertahankan kursinya. Sementara caleg incumbent, Uksam Selan, Yudi Arifus Selan, Yupic Boimau dan Lorens Jehau harus rela melepas kursinya diambil pendatang baru.
Oktovina Lado, Chandra, Albinus Kasse dan Yerim Fallo melengkapi komposisi 8 kursi Dapil 1.

Di Dapil 2, Lusi Tusalakh, Caleg incumbent dari Partai Hanura harus melepas kursi wakil rakyatnya setelah kalah bersaing dari Caleg incumbent lainnya Sefrit Nau, untuk 1 kursi Hanura di Dapil II.
Sementara nama-nama besar seperti Uria Kore, Matheos Lakapu, Semy Sanam, Marcu Mbau, Roby Faot dipastikan duduk kembali sebagai wakil rakyat untuk 5 tahun mendatang. Sedangkan 2 slot kursi tersisa Dapil 2 kursi di isi pendatang baru Dari Perindo Jhon karibera dan Kandi Meny dari Partai Gerindra.

Di Dapil III, hanya 2 Caleg Incumbent yang berhasil mempertahankan kursinya. Dua Caleg incumbent tersebut yaitu Deksi Letuna yang kini maju dari Partai Gerindra dan Dominggus Beukliu dari Partai Hanura.
Sedangkan 3 Caleg incumbent lainnya yaitu Anthoneta Nenabu, Gaudentius Ninu dan Viktor Soinbala tidak mampu mempertahankan kursinya.
Di Dapil 3 sendiri ada 6 nama baru yang berhasil mengamankan kursi yaitu Petrus G. Nenometa (Nasdem), Melkianus Nenometa (PKB), Yulius Nenobais (PDI Perjuangan), Jisbar Nenohaifeto (Perindo), Semuel Fallo (Golkar) dan Yakobus Banamtuan (Demokrat).

Di Dapil IV, ada nama caleg incumbent Jason Benu, Mariana Lakapu, Melianus Bana dan Marthen Tualaka yang harus gugur. Sedangkan Caleg incumbent yang mampu bertahan kursinya tersisa Piter Kefi, Ruba Banunaek dan Askenas Afi.
Lima nama pendatang baru di Dapil IV yaitu Arsianus Nenobahan (Gerindra), Serisman Liufeto (Hanura), Marthen Natonis (Perindo), Silvester Tampani (PKB) dan Yeremias Kabnani (PKS).

Di Dapil 5, terdapat dua caleg incumbent yang tidak terpilih kembali yaitu, Jorang Fahik dan Gustaf Nabuasa. Sementara caleg incumbent, Roy Babys, Hendrikus Babys, Jublina Sun dan Alexander Nubatonis kembali terpilih. Melengkapi slot Dapil 5, nama Caleg pendatang baru terpilih yaitu, Agripa Bako (Hanura), Imenuel Bire (PAN), Mordekai Liu (PDI Perjuangan) dan Yoksan Benu (Golkar) untuk periode 2024-2029.
Partai PDI Perjuangan menjadi Parpol dengan jumlah raihan kursi terbanyak yaitu 6 kursi. Sementara partai Golkar, Gerindra, PKB dan Nasdem masing-masing meraih 5 kursi.
Demokrat, Perindo dan Hanura meraih 4 kursi sedangkan PAN dan PKS meraih 1 kursi. (DK)

Editor : Erik Sanu

 

Example 300250
Example 120x600