Example 728x250
Berita

Kadis TPHP TTS Main Politik, Penjabat Sekda Belum Tau 

1266
×

Kadis TPHP TTS Main Politik, Penjabat Sekda Belum Tau 

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Nampak Otniel Neonane saat mendaftar di DPC Partai Gerindra 

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu

Example 300x600

SUARA TTS.COM | SOE – Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Otniel Neonane disinyalir main politik. Kadis Otniel diketahui telah mendaftar di Partai Golkar dan Gerinda sebagai bakal calon wakil Bupati, Periode 2024-2029.

Hal ini mendapat sorotan lantaran Otniel Neonane saat ini masih menjabat sebagai Kepala dinas. Otniel digadang gadang mendampingi Egusem Pieter Tahun sebagai calon wakil Bupati pada Pilkada TTS November mendatang.

Plt Sekda TTS,Johanis Lakapu saat dikonfirmasi,Kamis 25/4/2024 mengatakan belum tau soal kadis Otniel mendaftar ke sejumlah Partai Politik.

“Yang saya tau beliau ajukan pensiun dini. Soal daftar ke partai politik sebagai bakal calon wakil Bupati saya belum tau “,ujar Lakapu.

Menurutnya, Kadis Neonane telah mengajukan pensiun sejak minggu lalu dan sampai saat ini sementara berproses. Ket foto : Plt Sekda Kabupaten TTS, Johanis Lakapu

Ditanya apakah secara etika dan regulasi yang bersangkutan bisa dinonaktifkan sementara, Lakapu meminta wartawan untuk konfirmasi langsung ke Penjabat Bupati TTS.

” Kalau soal itu langsung tanya ke Penjabat Bupati TTS karena beliau itu pembina kepegawaian. Pak Penjabat sedang tugas di Jakarta”, ujarnya.

Terpisah Wakil Ketua ketua DPRD Kabupaten TTS, Relygius Usfunan mengatakan secara regulasi tidak diatur untuk ASN yang mendaftar sudah harus mengundurkan diri dari ASN, melainkan akan mengundurkan ketika ditetapkan oleh KPU sebagai calon kepala daerah.

Meski demikian, ia menghimbau agar ASN yang masih aktif namun telah mengambil sikap untuk mendaftar di partai politik, agar tidak menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik. “Begitu juga jabatan yang diemban, jangan sampai digunakan untuk kepentingan politik,” tegas Relygius.

Untuk diketahui, pendaftaran pasangan calon dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Selanjutnya penetapan pasangan calon pada 22 September 2024, masa kampanye pada 25 September hingga 23 November 2024.(Sys)

Example 300250
Example 120x600