Example 728x250
BusinessEKONOMIINTERNASIONAL

Ketahui Apa Itu NFT, Cara Kerja dan Apa Fungsinya?

109
×

Ketahui Apa Itu NFT, Cara Kerja dan Apa Fungsinya?

Share this article
Example 468x60

Jakarta Non-fungible tokens atau NFT tengah naik daun. Dari karya seni, musik hingga taco dan kertas toilet, aset digital ini dijajakan di pasar. Bahkan beberapa di antaranya seharga jutaan dolar. Tapi sebenarnya apa itu NFT dan apakah memang nilainya sepadan dengan harganya?

Beberapa ahli mengatakan mereka adalah gelembung yang siap meletus, seperti dotcom yang menggila atau Beanie Babies. Meski demikian, yang lain percaya NFT akan tetap ada, dan mereka akan mengubah investasi selamanya.

Example 300x600

Jadi apa itu NFT?

Melansir laman Forbes, Minggu (5/3/2022), NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video. Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak cryptos.

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT kini menjadi lebih terkenal. Hal itu disebabkan cara yang semakin populer untuk membeli dan menjual karya seni secara digital. Secara mengejutkan, nilai jual beli NFT telah mencapai USD 174 juta sejak November 2017.

NFT juga umumnya hanya satu dari tiap jenis, atau setidaknya salah satu dari proses yang sangat terbatas, dan memiliki kode pengenal yang unik.

“Pada dasarnya, NFT menciptakan kelangkaan secara digital,” kata Arry Yu, ketua Dewan Asosiasi Industri Teknologi Washington Cascadia Blockchain dan Direktur Pelaksana Yellow Umbrella Ventures.

Ini sangat kontras dengan kebanyakan kreasi digital, yang hampir selalu tak terbatas dalam persediaan. Secara hipotetis, memotong pasokan harus meningkatkan nilai aset tertentu, dengan asumsi itu dalam permintaan.

Tetapi banyak NFT, setidaknya di masa-masa awal ini, telah menjadi kreasi digital yang sudah ada dalam beberapa bentuk di tempat lain, seperti klip video ikonik dari game NBA atau versi seni digital yang disekuritisasi yang sudah beredar di Instagram.

Misalnya, seniman digital terkenal Mike Winklemann, lebih dikenal sebagai “Beeple” membuat gabungan 5.000 gambar harian untuk menciptakan NFT paling terkenal saat itu, “EVERYDAYS: The First 5000 Days,” yang dijual di Christie’s untuk rekor- memecahkan USD 69,3 juta.

Siapa pun dapat melihat gambar satu per satu—atau bahkan seluruh kolase gambar secara online secara gratis

Example 300250
Example 120x600