Example 728x250
BeritaPEMERINTAHAN

Ketua BPD Nakfunu Sebut 3 Bak Air Memang Kurang Bermanfaat

1199
×

Ketua BPD Nakfunu Sebut 3 Bak Air Memang Kurang Bermanfaat

Sebarkan artikel ini
SUARA TTS.COM/DK
Example 468x60

Ket. Foto : Nampak Kades Nakfunu bersama warga meninjau bak penampungan air utama

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, DionKota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Ketua BPD Nakfunu, Kecamatan Amanuban Tengah, Faleon Punuf mengakui dari 7 bak air yang dibangun tahun 2023 dengan menggunakan dana desa, 3 bak di antaranya kurang bermanfaat. Pasalnya tiga bak itu disebutnya mendapatkan pasokan air yang kurang. Hal ini membuat masyarakat di sekitar tiga bak tersebut mengeluh kesulitan air bersih.
“ Pak, memang ada tiga bak itu yang kurang bermanfaat karena air kurang. Tiga bak itu dapat pasokan air dari sumur bor yang menggunakan panel surya untuk menghidupkan pompanya. Tapi karena cahaya matahari kurang dan debit airnya turun saat musim kemarau, sehingga air yang dipompa ke bak penampungan kurang. Ini yang menyebabkan masyarakat masih mengeluh kesulitan air,” ungkapnya saat ditemui Selasa 18 Juni 2024 di Lopo Desa.
Kepala Desa Nakfunu, Mardemus Misa tak menampik pasokan air untuk tiga bak desa tersebut memang kurang. Namun dirinya menegaskan, jika bak-bak tersebut tetap mendapatkan pasokan air dari bak penampung utama.
“ kita kendala debit air sumur bor ini kurang besar. Selain itu, masyarakat enggan menebang pohon yang menghalangi sinar matahari ke panel surya. Belum lagi kalau musim hujan, cuaca mendung terus maka panel surya tidak dapat sinar matahari. Kondisi ini diperparah dengan pembagian air yang belum baik,” ujarnya.
Oleh sebab itu, kedepan dirinya akan melakukan musyawarah bersama masyarakat untuk mencari solusi guna memenuhi kebutuhan air.
“ Nanti kita musyawarah dulu untuk cari solusi. Apakah harus tambah sumur bor dan pakai meteran listrik atau ada solusi lain dari masyarkat. Prinsipnya kita duduk bersama dulu,” terangnya.
Untuk diketahui, pada tahun 2023 lalu, lewat dana desa Pemdes Nakfunu menggelontorkan anggaran senilai 224 juta guna perluasan jaringan perpipaan sepanjang 1.400 lebih meter dan membangun 7 bak air di 3 dusun.
Dari 7 bak air, 3 bak air mendapatkan pasokan air dari sumur bor dan 4 bak air lainnya mendapatkan pasokan air dari sumber air permukaan. Untuk 4 bak air yang mendapatkan pasokan air dari sumber air permukaan dan dialirkan dengan memanfaatkan gravitasi kebutuhan air terpenuhi dengan baik.
“ 3 bak air itu yang memang pasokan air kurang kakak. Tapi kalau 4 bak air lainnya selalu terisi air,” pungkasnya. (DK)

Example 300250
Example 120x600