Example 728x250
BeritaPOLITIK

Masyarakat Adat Mutis-TTS Dukung Ansy Lema Maju Pilgub NTT, Ini Alasannya

744
×

Masyarakat Adat Mutis-TTS Dukung Ansy Lema Maju Pilgub NTT, Ini Alasannya

Share this article
SUARA TTS.COM/DK
Example 468x60

ket Foto: Nampak masyarakat adat Mutis saat mendeklarasikan dukungan untuk Ansy Lema maju sebagai calon Gubernur NTT

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Politisi PDI Perjuangan yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI, Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.SI atau yang akrab disapa Ansy Lema mendapatkan dukungan dari masyarakat adat Mutis, Kabupaten TTS untuk maju sebagai calon gubernur NTT di Pilgub mendatang. Masyarakat adat Mutis menilai, sebagai anggota DPR RI, Ansy Lema telah menunjukan keberpihakannya kepada kelompok petani, peternakan, nelayan dan juga mendukung kelestarian cagar alam (CA) Mutis serta masyarakat adat Mutis.
Oleh sebab itu, pada Kamis 18 April 2024, kelompok masyarakat adat Mutis menggelar deklarasi dukungan untuk Ansy Lema sebagai calon gubernur NTT yang berlangsung di CA Mutis, Fatumnasi. Kelompok masyarakat adat ini terdiri dari masyarakat Desa Bonleu, Mutis dan Mollo.
Nikson Toto, tokoh pemuda masyarakat adat Mutis mengatakan, deklarasi tersebut dilakukan setelah masyarakat adat Mutis mendengar jika Ansy Lema hendak maju sebagai calon gubernur NTT. Oleh sebab itu, masyarakat adat Mutis ingin menunjukan dukungan untuk Ansy Lema lewat deklarasi tersebut.
“ Selama ini memang kami sudah mengenal Pak Ansy Lema. Beliu merupakan sosok yang sangat peduli dengan kelestarian CA Mutis dan juga masyarakat adat Mutis. Selain itu, beliu juga memberikan perhatian untuk petani dan peternak. Oleh sebab itu, hari kami mendeklarasikan dukungan untuk Pak Ansy Lema maju sebagai calon Gubernur NTT,” ungkap Nikson.
Marthen Toto, tokoh masyarakat adat Mutis lainnya mengaku, siap memenangkan Ansy Lema dalam Pilgub mendatang. Ansy disebutnya sebagai tokoh politik yang selama ini ikut menjaga kelestarian CA Mutis. Ansy juga dikatakannya, sangat peduli dengan petani dan peternakan di Kabupaten TTS.
“ Kami dukung dan siap menangkan Pak Ansy sebagai Gubernur NTT di wilayah Kabupaten TTS. Beliu merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Propinsi NTT,” ujar Marthen.
Tokoh perempuan, Yacomina Oemanu mengaku kagum dan berterima kasih karena Ansy Lema sangat menghargai Atoni Pah Meto (Suku Dawan). Karena CA Mutis adalah simbol budaya Atoni Pah Meto (Suku Dawan), jantung peradaban, dan paru-paru Timor yang harus tetap dijaga kelestariannya. Ansy Lema adalah pejuang yang menyelamatkan CA Mutis. Oleh sebab itu, dirinya siap mendukung Ansy Lema sebagai calon Gubernur NTT.
“Penurunan status akan mengancam CA Mutis sebagai pusat budaya Atoni Pah Meto, mengancam sumber kehidupan berbagai ekosistem, sumber air minum, paru-paru Timor, dan sumber kehidupan generasi masa depan masyarakat Timor. Sebagai ibu, kami tidak mau anak-anak kami mendapatkan warisan alam yang rusak. Karena itu kami siap mendukung Ansy Lema sebagai calon Gubernur NTT,” tegas Yacomina yang kini jadi koordinator penenun di CA Mutis.
Ditambahkan Tokoh Pemuda Desa Bonleu, Gomer Edison Pilis mengatakan, dukungan terhadap Ansy Lema sebagai calon gubernur NTT bukan tanpa alasan. Ansy disebut sebagai tokoh politik NTT yang peduli terhadap kelompok petani.
“ Saya ini saksi dimana Pak Ansy sebagai anggota DPR RI benar-benar memberikan dukungan untuk petani. Kelompok tani saya di Desa Bonleu mendapatkan bantuan 100 juta dan alsintan berkat Perjuangan pak Ansy. Oleh sebab itu, saya sangat mendukung Pak Ansy maju sebagai calon Gubenur NTT,” tambahnya. (DK)

Example 300250
Example 120x600