Example 728x250
BeritaPENDIDIKAN

Paparkan Rapot Pendidikan Tahun 2024, SMK N 2 Soe Gandeng Komite, Orang Tua dan Pelajar

137
×

Paparkan Rapot Pendidikan Tahun 2024, SMK N 2 Soe Gandeng Komite, Orang Tua dan Pelajar

Share this article
SUARA TTS.COM/DK
Example 468x60

Ket. Foto : Kepsek SMK N 2 Soe sedang memaparkan hasil rapot pendidikan tahun 2024
Laporan Reporter SUARA TTS. COM, DionKota

SUARA TTS. COM| SOE – SMK Negeri 2 Soe menggelar analisis rapot pendidikan tahun 2024 SMK Negeri 2 Soe, Selasa 11 Juni 2024 bertempat di aula sekolah. Dalam kegiatan yang dipimpin langsung Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Soe, Nifron Karelistar A. Fallo, S.Kom, dihadiri komite sekolah, perwakilan orang tua siswa, perwakilan pelajar dan para guru.
Kepada awak media, Nifron mengatakan, rapat analisis tersebut sengaja melibatkan seluruh warga sekolah dengan tujuan agar semua pihak mengetahui dengan baik hasil rapot pendidikan tahun 2024.
“ Kita libatkan semua warga sekolah agar semua tahu seperti apa nilai rapot pendidikan kita. Dimana bagian yang nilai kita baik, dan dimana bagian yang nilai kita masih kurang. Sehingga bersama-sama kita bisa memperbaiki yang masih kurang dan meningkatkan yang sudah baik,” ungkap Nifron.
Disinggung terkait hasil rapot pendidikan tahun 2024, Nifron menjelaskan, untuk item kualitas pembelajaran menujukan adanya peningkatan ke arah yang optimis di bandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, suasana ruang belajar juga dinilai sangat kondusif. Guru juga dinilai aktif meningkatkan kualitas pembelajaran setelah melakukan refleksi pembelajaran. Metode pembelajaran juga mengalami peningkatan dari rapot pendidikan tahun 2023.
“ Untuk item kualitas pembelajaran kita ada peningkatan jika dibandingkan dengan rapot pendidikan tahun 2023,” jelasnya.
Sementara item yang masih kurang lanjut Nifron, ada pada item literasi dan numerasi. Oleh sebab itu, pihak sekolah membuat program in house training dengan mendatangkan narasumber yang berkompeten dari LPMP.
“ 17 Mei lalu kita sudah mulai melakukan in house training guna peningkatan kemampuan literasi dan numerik para pelajar,” sebutnya.

Ket. Foto: foto bersama para peserta kegiatan analisis rapot pendidikan tahun 2024 SMK Negeri 2 Soe

Example 300x600

Sekertaris Komite, Mada Yoseph menyambut baik pelaksaan analisis rapot pendidikan yang melihatkan komite sekolah. Hal ini penting agar pihak komite juga mengetahui sejauh mana hasil rapot pendidikan SMK Negeri 2 Soe.
Selain itu, dalam moment tersebut, komite juga bisa memberikan masukan guna peningkatan nilai rapot pendidikan di tahun yang akan datang.
“ Agar kualitas sekolah ini semakin bagus maka keterlibatan seluruh warga sekolah menjadi sangat penting, termaksud dalam pemaparan hasil rapot pendidikan ini. Sehingga kita bisa bersama-sama melakukan analisis dimana sisi lemah kita, dimana kekuatan kita dan bagaimana cara kita untuk meningkatkan hasil rapot kita di tahun akan datang,” terangnya.
Ketua Osis SMK Negeri 2 Soe, Claudio mengaku, senang bisa dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Menurutnya para pelajar juga wajib tahu seperti apa hasil rapot pendidikan tahun 2024. Hal ini menjadi bahan evaluasi untuk para siswa guna membenahi item yang masih kurang.
“ Kita senang karena kita dilibatkan dalam kegiatan ini. Lewat kegiatan ini, kita tahu kalau kita (pelajar) masih kurang di literasi dan numerik. Sehingga Osis juga bisa membuat program guna meningkatkan kemampuan literasi dan numerik,” pungkasnya.(DK)

Example 300250
Example 120x600