Example 728x250
Berita

Roy Babys Ingatkan Penjabat Bupati TTS Untuk Netral, Jangan Ada Balas Budi

675
×

Roy Babys Ingatkan Penjabat Bupati TTS Untuk Netral, Jangan Ada Balas Budi

Share this article
Example 468x60

Ket foto: Anggota DPRD TTS,Roy Babys

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Anggota DPRD TTS, Roy Babys mengingatkan Penjabat Bupati TTS, Seperius Edison Sipa untuk bersikap netral dalam perhelatan Pilkada. Edison diminta untuk tidak memihak pada salah satu bakal calon bupati TTS.
“ Sebagai penjabat bupati, Pak Sipa harus bersikap dan bertutur kata secara benar. Pak Sipa bukan seorang politisi tapi ASN yang ditempatkan oleh kementerian dalam negeri sebagai penjabat bupati. Saya ingatkan saat ini kita sedang memasuki masa transisi, masa yang cukup panas karena akan ada Pilkada. Oleh sebab itu tolong penjabat bupati bersikap Netral,” ingat Roy dalam sidang paripurna dengan agenda penyampaian Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2023, Rabu 3 April 2024.

Dirinya menyoroti terkait kritik ketua DPC PDI Perjuangan terhadap Penjabat Bupati yang dinilai tidak netral karena dianggap mendukung mantan Bupati TTS, Epy Tahun.

Ket. Foto : nampak Penjabat Bupati TTS, Edison Sipa sedang berbincang dengan Ketua Fraksi PKB, Roy Babys

Dimana dalam kegiatan peresmian Puskesmas Ayotupas mantan Bupati TTS, Epy Tahun diundang tetapi DPRD khususnya komisi IV yang menjadi mitra Dinas Kesehatan justru tidak diundang.
Dirinya mengingatkan Edison Sipa jika posisi penjabat Bupati secara berkala akan dievaluasi. Jika tidak netral, maka bisa saja dirinya diganti.
“ Kami tidak ingin jika pada saat evaluasi ternyata posisi penjabat bupati tidak netral sehingga harus diganti. Kami tidak ingin itu terjadi. Kami ingin Pak Sipa menjadi penjabat hingga Bupati baru berhasil terpilih lewat Pilkada mendatang. Jadi jangan ada istilah balas Budi lalu mendukung salah satu pihak,” pinta ketua fraksi PKB ini.

Terpisah, Penjabat Bupati TTS, Edison Sipa menegaskan dirinya tidak memihak pada siapa pun. Dirinya hingga saat ini masih ASN dan bersikap netral.
Terkait kehadiran mantan Bupati TTS, Epy Tahun dalam peresmian Puskesmas Ayotupas, Sipa menyebut jika Epy Tahun diundang oleh tokoh masyarakat.
“ Kalau di acara pelantikan penjabat Sekda itu, Pak Epy diundang sebagai sesepuh. Sedangkan di acara peresmian Puskesmas Ayotupas beliau diundang tokoh masyarakat setempat. Saya baru satu bulan menjabat sebagai penjabat Bupati TTS dan saya tegaskan sampai saat ini saya bersikap netral,” tegas Sipa.
Diberitakan sebelumnya, Penjabat (PJ) Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Seperius Edison Sipa dinilai tidak netral menjelang pemilihan kepada daerah tahun 2024. Hal ini terlihat pada sejumlah momen kegiatan pemerintahan.
Pada beberapa momen kegiatan pemerintahan, mantan bupati TTS ikut dihadirkan. Padahal, masa jabatan bupati dan wakil bupati TTS (Egusem Piter Tahun dan Army Konay), telah berakhir pada tanggal 14 Februari 2024 pukul 23:59 Wita.
Ketua DPC PDI Perjuangan, Mordekai Liu saat dijumpai wartawan di kediamannya, Senin 1 April 2024 mengatakan, tindakan PJ bupati TTS seakan menyiapkan karpet merah untuk mantan bupati TTS kembali terpilih menjadi bupati TTS periode 2024-2029.
Menurut Deki, pada pelantikan penjabat Sekda TTS, sesuai foto dan vidio yang beredar nampak hadir mantan bupati di sana. Selain itu, pada peresmian Puskesmas Prototipe Ayotupas, nampak mantan bupati ikut hadir.Dikatakan Deki, kehadiran mantan bupati pada momen-momen pemerintahan itu patut dipertanyakan kapasitasnya. (DK)

Example 300250
Example 120x600