Example 728x250
BeritaPEMERINTAHANSOSIAL

Tinjau Pompa Hidram, Kolonel Kamlasi : Masyarakat Manfaatkan Untuk Bertani

1287
×

Tinjau Pompa Hidram, Kolonel Kamlasi : Masyarakat Manfaatkan Untuk Bertani

Share this article
Example 468x60

Ket. Foto: Nampak Kolonel Kamlasi bersama masyarakat Desa Ajobaki sedang berfoto di bak penampungan air

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Kasrem 161/Wira Sakti Kupang, Kolonel Simon Petrus Kamlasi bersama rombongan Sabtu, 6 April 2024 berkunjung ke Desa Ajobaki, Kecamatan Mollo Utara. Rombongan disambut dengan Natoni adat dan pengalungan selendang sebagai tanda penerimaan dan penghormatan oleh kepala Desa Ajobaki, Obed Kase beserta para tokoh adat dan masyarakat Desa Ajobaki.
Kedatangan Kolonel Kamlasi dan rombongan bertujuan untuk melihat dan mengevaluasi perkembangan dan manfaat bantuan Pompa Hidram yang telah diberikan 3 tahun lalu.

“Saya datang untuk melihat kembali Pompa hidram yang sudah kita berikan, apakah masih baik dan dimanfaatkan secara baik atau tidak. Sehingga ketika ada yang ditemukan dalam kondisi rusak atau ada kebutuhan lain dari masyarakat langsung kita bantu. Hal ini bagian dari pelayanan kita kepada masyarakat,” ungkapnya.

Salah satu momen paling berkesan adalah saat Kolonel Kamlasi secara langsung melihat hasil dari bantuan tersebut. Dimana, masyarakat Desa Ajobaki lewat kelompok Tani Mekar serta Kelompok Tani Kunibisnaen telah memanfaatkan air yang disalurkan dengan bantuan Pompa Hidram untuk mengembangkan kebun sayur mereka.

” Saya hari ini bahagia karena Pompa Hidram yang saya kasih tiga tahun lalu ternyata masih bermanfaat dengan baik. Lebih dari itu, ternyata air yang ditarik ke pemukiman warga telah dimanfaatkan dengan budidaya sayuran untuk peningkatan ekonomi. Ada lahan 2 sampai 3 Hektare lahan yang telah digarap masyarakat untuk menanam sayuran, cabe dan tanaman hortikultura. Hal ini yang membuat saya untuk meneruskan program ini dan saya akan lakukan di tempat lain yang membutuhkan pompa hidram,” ujarnya.

Selain mengamati perkembangan, Kolonel Kamlasi juga mengingatkan pentingnya perawatan dan pemeliharaan Pompa Hidram agar bisa terus berfungsi dengan baik. Permintaan ini tidak hanya ditujukan kepada Babinsa setempat tetapi juga kepada seluruh masyarakat yang menjadi bagian dari proyek ini.


Ket. Foto: Nampak Kolonel Kamlasi sedang berbincang dengan masyarakat Ajobaki 

Kepala Desa Ajobaki, Obed Kase, menyampaikan terima kasihnya kepada Kasrem 161/Wira Sakti Kupang atas bantuan yang telah diberikan. “Kami juga mengucapkan terima kasih karena kehadiran bapak kasrem bukan hanya membantu kami dengan Pompa Hidram tetapi juga membantu memfasilitasi kami dengan memberikan selang dan juga fasilitas lain untuk kami meningkatkan kebun sayur kelompok yang ada di Desa Ajobaki,” ujarnya dengan rasa syukur.

Para pengelola kebun sayur seperti Johan Takaltanu juga memberikan kesaksian tentang betapa besar manfaat Pompa Hidram ini bagi mereka. Dengan bantuan ini, mereka mampu menghasilkan lebih banyak sayuran dan bahkan menarik minat pedagang sayur dari Kota Kupang.

Usai dari Ajobaki, perjalanan Kasrem 161/Wira Sakti Kupang bersama tim TDI tidak berhenti. Mereka melanjutkan kunjungan ke Kecamatan Nunbena untuk membagikan bantuan kepada masyarakat di beberapa gereja. Ini adalah bukti nyata dari komitmen untuk terus membantu dan memajukan masyarakat di wilayah ini. (DK)

Example 300250
Example 120x600