Example 728x250
BeritaPOLITIK

Aksi Pengrusakan Baliho Caleg di TTS Sangat Meresahkan, Bawaslu Diminta Proaktif Tindak Tegas

187
×

Aksi Pengrusakan Baliho Caleg di TTS Sangat Meresahkan, Bawaslu Diminta Proaktif Tindak Tegas

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Ketua DPC Hanura Kabupaten TTS, Marthen Tualaka

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Aksi pengrusakan baliho Caleg di Kabupaten TTS sudah sangat meresahkan. Pasalnya, aksi pengrusakan ini tidak hanya terjadi di kota soe saja, tetapi sudah sampai ke pelosok desa.

Oleh sebab itu, Bawaslu Kabupaten TTS diminta untuk proaktif melakukan pencegahan dan juga melakukan penindakan tegas guna menberikan efek jerah.

“ Pengrusakan baliho ini memang sudah sangat meresahkan. Kemarin saya di Nunkolo juga ada baliho yang dirusak. Sehingga kita berharap Bawaslu bisa proaktif melakukan pencegahan dan juga penindakan secara tegas guna memberikan efek jerah kepada para pelaku,” pinta Ketua DPC Hanura Kabupaten TTS, Marthen Tualaka kepada SUARA TTS. COM, Kamis 4 Januari 2023.

Oleh sebab itu lanjut Marthen, Bawaslu diminta tidak hanya menunggu laporan pengrusakan baliho saja, tetapi juga aktif menindak melalui temuan lapangan. Pasalnya, personel Bawaslu saat ini sudah sampai ke tingkat desa. Sehingga ruang lingkup pengawasan semakin kecil.

“ Jangan menunggu laporan baru ditindak, harus proaktif ke lapangan lihat temuan lapangan langsung ditindak. Kita berharap Bawaslu jangan sampai kalah strategi dengan oknum-oknum tak bertanggung jawab ini. Karena kalau tim atau pendukung kita yang tindak sendiri nanti bisa kacau dan itu tidak kita harapkan,” pinta Marthen.

Dirinya menyarankan agar Bawaslu menjalin kerjasama dengan Linmas, Babinsa dan Babinkamtibmas guna melakukan pencegahan ataupun dalam upaya mengungkap pelaku pengrusakan.

“ Sekali lagi, kita berharap Bawaslu jangan sampai kalah strategi dengan oknum-oknum tak bertanggungjawab ini,” harapnya. Ket foto : Ketua DPC PKB TTS, Religius Usfunan 

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPC PKB Kabupaten TTS, Relygius Usfunan. Menurutnya dalam melakukan penindakan, Bawaslu diharapkan tidak hanya menunggu ada laporan saja, tetapi aktif menindak melalui temuan lapangan.

Dirinya juga meminta agar Bawaslu aktif melakukan pencegahan agar tidak ada lagi baliho yang dirusak oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.

“ pengawas inikan sudah ada tingkat kecamatan dan desa, seharusnya dimaksimalkan fungsi dan perannya. Karena aksi pengrusakan baliho ini sudah sangat meresahkan,” sebut pria yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD TTS ini.

Untuk diketahui, Komisoner Bawaslu Kabupaten TTS, Ridwan Tapatfeto,SH menyebut hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap baliho Caleg yang dirusak oknum tak bertanggungjawab. Bawaslu TTS kesulitan untuk menaikan temuan tersebut ke tingkat Gakkumdu lantaran kesulitan dalam pengumpulan bukti dan saksi.

“ Kita saat ini masih melakukan pendataan jumlah baliho yang dirusak di tingkat kecamatan. Jumlahnya memang cukup banyak. Kita kesulitan untuk menaikan temuan tersebut karena kesulitan dalam mencari bukti dalam saksi. Karena kalau temuan, maka 90 persen bukti harus kita yang cari. Belum lagi kita kesulitan untuk mencari saksi,” ungkap Ridwan kepada awak media di ruang kerjanya.

Hingga saat ini dikatakan Ridwan, Bawaslu TTS baru menerima 2 laporan terkait pengrusakan baliho. Untuk laporan pengrusakan baliho milik Caleg Kundrat, Bawaslu Kabupaten TTS, Rabu 3 Januari 2024 melakukan pembahasan di tingkat Gakkumdu. Usai pembahasan, penanganan terhadap laporan tersebut akan berlanjut ke tahapan klarifikasi.

“ Esok, kita akan mulai melakukan klarifikasi terhadap semua pihak terkait. Kita diberikan waktu 14 hari ini untuk melakukan klarifikasi,” ungkap Komisoner Bawaslu Kabupaten TTS, Ridwan Tapatfeto,SH kepada media di kantornya.

Dikatakannya, dalam laporan tersebut, ada 5 orang yang dijadikan terlapor dan 2 orang saksi. Untuk tahap awal klarifikasi, Bawaslu TTS akan melakukan klarifikasi kepada pelapor dan 2 orang saksi. Sementara itu, untuk laporan pengrusakan Baliho milik Caleg DPRD Propinsi NTT dari PKB, Alexander Tamonob masih dilakukan kajian. (DK)

Editor : Erik Sanu 

Example 300250
Example 120x600