Example 728x250
PENDIDIKANSENI

Gita Bahana Nusantara, Empat Peserta Wakili NTT Tampil di Istana

48
×

Gita Bahana Nusantara, Empat Peserta Wakili NTT Tampil di Istana

Share this article
Example 468x60
\"\"
Pose bersama usai acara pelepasan : Peserta GBN asal NTT , pendamping peserta dan Kadis Dikbud Provinsi NTT Drs. Benyamin Lola, M. Pd usai acara pelepasan peserta, Rabu (31/7/2019) pagi.

KUPANG – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengirimkan empat peserta bergabung dalam paduan suara Nasional Gita Bahana Nusantara (GBN) tahun 2019 untuk tampil di berbagai acara kenegaraan. Acara puncaknya, tim GBN akan tampil di Istana Negara Jakarta saat upacara peringatan HUT RI ke-74 tahun, pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Keempat peserta wakili NTT itu diantaranya, Regina L. Rumihin (sopran), Maria Goreti Yua (alto), Joseph R. Wunda (tenor), Marten Julio Raba Udju (Bass).

Example 300x600

“Peserta akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 1 Agustus kemudian dibina melalui Pemusatan Latihan di Jakarta.   Setelah melalui proses latihan, biasanya mereka melakukan gelar perdana, dan pergelaran saat pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada sidang pleno DPR/MPR dan  puncaknya mereka menyanyi pada peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia  tanggal 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka dengan diiringi  Orkestra  Gita Bahana Nusantara 2019,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Provinsi NTT Drs. Benyamin Lola, M. Pd disela-sela acara pelepasan peserta di Taman Budaya Gerson Poyk, Rabu (31/7/2019) pagi.

Kadis Benyamin merasa bangga sebab peserta asal NTT dapat terlibat dalam kelompok paduan suara Nasional ini. Tentunya, kegiatan ini akan semakin menunjukan bahwa NTT  memiliki banyak talenta-talenta di bidang seni suara yang berkualitas, cakap dan mampu  menguasai setiap lagu-lagu yang diberikan oleh pelatih dalam setiap  latihan.

Dia juga berpesan agar peserta paduan suara  GBN asal NTT segera berinteraksi dengan sesama perwakilan GBN dari daerah lain di Indonesia. “dapat menjadi teladan, menjaga nilai-nilai persatuan didalam keberagaman antar  peserta  dari provinsi lain,” sambungnya.

Paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara telah terbentuk sejak tahun 2003 dan secara berkelanjutan tampil setiap tahun, beranggotakan perwakilan generasi muda dari seluruh provinsi di Indonesia yang direkrut melalui proses audisi dengan persyaratan memliki kemampuan membaca notasi, memiliki potensi suara yang baik untuk jenis sopran, alto, tenor, bas. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme, mempelajari nilai-nilai seni dan budaya.

“Gita Bahana Nusantara merupakan wadah untuk menyalurkan kreativitas generasi muda di bidang musik terkait dengan lagu-lagu nasional dan lagu-lagu khas daerah,” tutur Benyamin.

Dia menambahkan, melalui kegiatan ini generasi muda mendapat pengalaman kebersamaan, keragaman budaya, kreativitas seni dan memberikan wawasan kebangsaan sehingga dapat mengembangkan karakter dan jati diri peserta GBN.

“Nilai-nilai yang mereka dapatkan selama mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk aktualisasi dalam bermasyarakat sehingga dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya,” harap Benyamin. *(tim/mohadi/Editor: Leader Ismail).

Example 300250
Example 120x600