Example 728x250
BeritaEKONOMI

Jejak Egbert Balukh Di Bumi Cendana, Dukung Petani dan Gelorakan Semangat Menabung Di Tingkat SD dan SMP

596
×

Jejak Egbert Balukh Di Bumi Cendana, Dukung Petani dan Gelorakan Semangat Menabung Di Tingkat SD dan SMP

Share this article
SUARA TTS.COM/DK
Example 468x60

Mantan Pjs Pimpinan Bank NTT Cabang Soe, Egbert Balukh

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, DionKota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Meski tak lama menjabat sebagai Pjs Pimpinan Bank NTT Cabang Soe ( 1 tahun), Egbert E. D. Balukh mampu membuat trobosan guna meningkatkan kontribusi Bank NTT dalam pembangunan di bumi cendana.
Di sektor pertanian, Egbert lewat kredit mikro merdeka mendukung program pemberdayaan pemuda Katolik di sektor pertanian dengan memberikan bantuan kredit mikro merdeka. Hasilnya, saat ini kebun pertanian Pemuda Katolik mampu menghasilkan, Lombok, tomat dan sayuran.
Tak hanya pemuda Katolik, kredit yang sama juga diberikan kepada 72 petani di Desa Bena guna meningkatkan hasil produksi pertanian khususnya beras.
Di sektor UMKM, Egbert membuat gebrakan dengan menata wajah pasar buah yang berada di pintu masuk kota soe. Melalui kredit mikro merdeka, Bank NTT Cabang Soe menata kios-kios jualan di sepanjang pasar buah agar terlihat lebih indah dan lebih layak. Kegiatan tersebut dilakukan dengan membangun kerja sama lintas sektor bersama UPT Kehutanan Kab TTS dan tentunya para pedagang di pasar buah.
Saat inflasi daerah meningkat, dibawah Komando Egberth, Bank NTT Cabang Soe aktif menggelar pasar murah bersama Pemda TTS di berbagai pelosok di Kabupaten TTS . Hasilnya, angka inflasi mampu di tekan dari 4,50 persen hingga di angka 1,8 persen.
Selain menekan angka inflasi, kegiatan pasar murah tersebut sangat membantu masyarakat dalam mengakses sembako dengan harga yang lebih terjangkau (murah).
Di sektor pendidikan, Egbert juga membuat gebrakan dengan menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kab TTS untuk menggelorakan kembali semangat nabung pada anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.
Di sekolah menengah atas, Bank NTT Cabang Soe menjalin kerja sama dengan SMA Negeri 1 Soe guna memberikan layanan perbankan. Dimana pembayaran uang sekolah dan gaji guru bisa dilakukan melalui Bank NTT. Hal ini selain memudahkan para orang tua dalam melakukan pembayaran uang sekolah, tetapi juga memberikan kemudahan kepada pihak sekolah dalam melakukan pencatatan keuangan.
Di sektor pemerintahan, ribuan tenaga P3K hasil seleksi tahun 2022 dan 2023 difasilitasi Bank NTT untuk membuka buku tabungan guna pembayaran gaji. Tak hanya itu, Bank NTT Cabang Soe juga menyediakan aneka produk kredit untuk tenaga P3K agar bisa membuka usaha sampingan guna peningkatan ekonomi.

Ket. Foto : suasana tanam perdana di lahan pertanian pemuda Katolik Komcab Kab TTS 

Ketua Komcab Pemuda Katolik Kab TTS, Ida Wio mengucapkan terima kasih atas dukungan Egbert selaku Pjs Pimpinan Bank NTT Cabang Soe terhadap usaha pemuda Katolik di sektor pertanian.
Lewat bantuan kredit mikro merdeka yang diberikan, pemuda Katolik mampu mengelola lahan seluas hampir 2 Ha menjadi lahan pertanian yang produktif dengan aneka tanaman hortikultura. Hal ini memberikan campak peningkatan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja baru bagi pemuda Katolik.
“ Terima kasih untuk dukungan Pak Egbert selama ini. Karena dukungan itu, kini kita (pemuda Katolik) sudah mulai menikmati hasil pertanian. Dari hasil panen Lombok sejauh ini, kita sudah mengantongi uang lebih dari 13 juta. Ini di luar panen sayuran dan tomat,” sebut wanita berkaca mata ini.
Ketua DPRD TTS, Marcu Mbau mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras yang diberikan Egbert selama di percaya menjadi Pjs pimpinan Bank NTT Cabang Soe. Dibawah kepemimpinan Egbert, Bank NTT Cabang Soe telah memberikan banyak kontribusi untuk pembangunan daerah pada berbagai sektor.
“Dibawah kepemimpinan pak Egbert ada banyak hal yang sudah dilakukan Bank NTT untuk memberikan kontribusi nyata di daerah ini. Kita (DPRD) senang selama ini hubungan kermitraan bisa terjalin dengan baik,” ujar politisi Nasdem ini.
Untuk diketahui, setelah 1 tahun mengabdi di bumi cendana, Egbert mendapatkan kepercayaan baru dari Plt direktur utama Bank NTT untuk menjabat sebagai Pjs pimpinan Bank NTT Cabang Lewoleba. (DK)

Example 300250
Example 120x600