Example 728x250
Berita

Kabupaten TTS Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

152
×

Kabupaten TTS Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Nampak suasana pemungutan suara di salah satu TPS di Kabupaten TTS .

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, TIM

Example 300x600

SUARA TTS. com | BUMN – Beberapa TPS di Kabupaten TTS berpotensi melakukan pemungutan suara ulang (PSU). Pasalnya, menurut informasi yang dihimpun SUARA TTS. COM, di beberapa TPS ditemukan adanya surat pemilihan presiden yang sudah tercoblos sebelum digunakan.

Informasi ini juga diperoleh Ketua DPC PKB dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten TTS.

DPC PKB Kabupaten TTS, Relygius Usfunan mengaku mendapatkan informasi tersebut. Oleh karena itu, dirinya mendorong Bawaslu Kabupaten TTS untuk menelusuri kebenaran Informasi itu. Jika informasi tersebut benar, maka dirinya mendorong untuk melakukan PSU.

“ Kita ada mendengar informasi kalau surat suara ada yang sudah tercoblos sebelum digunakan. Kita berharap Bawaslu bisa segera menelusuri informasi ini. Jika benar, maka kami minta harus ada PSU,” pinta Relygius.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten TTS, Mordekhay Liu. Ia mengaku juga mendapatkan informasi adanya surat suara pemilihan presiden yang sudah tercoblos sebelum digunakan. Dirinya berharap pihak Bawaslu bisa mengungkap kebenaran informasi ini.

“ Itu bahaya jika sampai benar ada surat suara yang sudah dicoblos sebelum digunakan. Bawaslu harus segera menelusuri informasi ini. Jika benar, maka harus ada PSU,” desaknya.

Ket. Foto ; Ketua DPC PKB Kabupaten TTS, Relygius Usfunan (kiri) dan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten TTS, Mordekhay Liu (kanan)

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Desi Nomleni yang mengkonfirmasi terkait temuan selama proses pemungutan dan perhitungan suara mengaku, namun masih melakukan pengkajian. Dirinya enggan berkomentar lebih panjang karena masih berproses.

“ Saya masih belum berani berkomentar ada tidak karena ini masih pengkajian. Prinsipnya kita berjalan sesuai pentahapan,” sebutnya didampingi komisioner Bawaslu Kabupaten TTS, Longginus Ulan, SS.

Sementara itu, Lima Komisioner KPU Kabupaten TTS belum berhasil dikonfirmasi. Dua kali usaha wartawan SUARA TTS. COM untuk bertemu masih belum berhasil dengan alasan sibuk.

Di pagi hari, Ketua KPU Kabupaten TTS, Andhy B. Funu enggan bertemu dengan alasan masih melakukan vicon. Sementara saat hendak ditemui pada sore hari, Andhy beralasan masih sibuk melayani permintaan data KPU Propinsi NTT.

Sementara pesan WhatsApp dari media pun tak terjawab.Informasi yang dihimpun dari sumber terpercaya, sedikitnya ada 15 TPS yang ditempatkan dengan adanya surat suara pemilihan presiden yang tercoblos. TPS-TPS ini menurut sumbernya, tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten TTS. (DK)

Editor : Erik Sanu 

Example 300250
Example 120x600