Example 728x250
Berita

Ketua PKB dan PDIP Kabupaten TTS Keluhkan Kinerja KPPS Dalam Pemilu 2024

102
×

Ketua PKB dan PDIP Kabupaten TTS Keluhkan Kinerja KPPS Dalam Pemilu 2024

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Nampak Ketua DPC PKB Kabupaten TTS sedang menunjukan halaman model C salinan yang masih kurang karena yang diberikan hanya hasil Pileg Kabupaten

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Ketua DPC PKB Kabupaten TTS, Relygius Usfunan mengeluhkan kinerja KPPS dalam pemilu 2024. Pasalnya, di beberapa TPS, petugas KPPS tidak memberikan secara utuh Halamam model C salinan kepada saksi partai.

“ Ini petugas KPPS ini kerja bagaimana, mana saksi kita (partai) di kasih salinan hanya Pileg kabupaten saja. Sementara salinan Pileg Propinsi dan DPR RI tidak ada. Kasus ini terjadi di Desa Pusu, Nifukani, Oehela, Cendana dan beberapa kelurahan/desa lainnya,” keluh Relygius saat ditemui, Jumat 16 Februari 2024. Ket foto : Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten TTS, Decky Liu.

Keluhan yang sama juga disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten TTS, Decky Liu. Ia mengaku, selain halaman model C salinan yang kurang, bahkan ada TPS yang KPPS-nya tidak mau memberikan halaman model C salinan. Bahkan ada juga kasus dimana KPPS menolak mandat saksi.

“ kami sudah laporkan persoalan ini ke Bawaslu sehingga kita berharap laporan kita bisa segera ditindaklanjuti agar  ada sanksi tegas untuk oknum KPPS yang tidak betul ini,” pintanya.

Decky dan Relygius berharap pihak komisoner KPU Kabupaten TTS tidak tinggal diam dengan persoalan tersebut. Keduanya meminta agar pihak komisoner KPU bersama KPU kabupaten memeriksa oknum KPPS yang bekerja tidak sesuai aturan tersebut.

“ Kalau bisa diperiksa oknum-oknum ini. Ada apa, kenapa tidak bekerja sesuai aturan,” pinta keduanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Desi Nomleni yang dikonfirmasi terkait pengaduan dari DPC PDI Perjuangan mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian. Dirinya enggan berkomentar lebih panjang karena masih berproses.

“ Saya masih belum berani berkomentar karena ini masih pengkajian. Prinsipnya kita berjalan sesuai tahapan yang ada,” sebutnya.

Sementara itu, Lima komisioner KPU Kabupaten TTS belum berhasil dikonfirmasi. Dua kali usaha wartawan SUARA TTS. COM untuk bertemu pada hari Jumat pagi dan sore masih belum berhasil dengan alasan sibuk.

Di pagi hari, Ketua KPU Kabupaten TTS, Andhy B. Funu enggan bertemu dengan alasan masih melakukan vicon. Sementara saat hendak ditemui pada sore hari, Andhy beralasan masih sibuk melayani permintaan data dari KPU Provinsi NTT. Pesan WhatsApp dari media pun tak dijawab. (DK)

Editor : Erik Sanu 

Example 300250
Example 120x600