Example 728x250
Berita

PDI Perjuangan Menduga PJ Bupati TTS Tidak Netral Jelang Pilkada

381
×

PDI Perjuangan Menduga PJ Bupati TTS Tidak Netral Jelang Pilkada

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Ketua DPC PDIP TTS, Mordhekay Liu 

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu.

Example 300x600

SUARA TTS.COM | SOE – Penjabat (PJ) Bupati Timor Tengah Selatan (TTS) Seperius Edison Sipa dinilai tidak netral menjelang pemilihan kepada daerah tahun 2024. Hal ini terlihat pada sejumlah momen kegiatan pemerintahan.

Pada beberapa momen kegiatan pemerintahan, mantan bupati TTS ikut dihadirkan. Padahal, masa jabatan bupati dan wakil bupati TTS (Egusem Piter Tahun dan Army Konay), telah berakhir pada tanggal 14 Februari 2024 pukul 23:59 Wita.

Ketua DPC PDI Perjuangan, Mordekai Liu saat dijumpai wartawan di kediamannya, Senin 1 April 2024 mengatakan, tindakan PJ bupati TTS seakan menyiapkan karpet merah untuk mantan bupati TTS kembali terpilih menjadi bupati TTS periode 2024-2029.

Menurut Deki, pada pelantikan penjabat Sekda TTS, sesuai foto dan vidio yang beredar nampak hadir mantan bupati di sana. Selain itu, pada peresmian Puskesmas Prototipe Ayotupas, nampak mantan bupati ikut hadir.

Dikatakan Deki, kehadiran mantan bupati pada momen-momen pemerintahan itu patut dipertanyakan kapasitasnya.

“Jika pemerintah menghadirkan mantan bupati periode 2019-2024, selaku sesepuh daerah pada momen-momen tersebut, harusnya sesepuh daerah lainnya juga ikut diundang. Atau undang sebagai ketua partai, maka ketua partai yang lain juga harus diundang. Tapi yang terjadi hanya mantan bupati Epy Tahun (Egusem Piter Tahun, red) yang hadir. Ini menunjukan ketidaknetralan PJ bupati, dalam menyongsong Pilkada 2024 ini,” ujar Deki sapaan akrab Mordekai Liu.

Partai politik yang sedang mempersiapkan kader untuk dicalonkan menjadi bupati dan wakil bupati, memiliki visi dan misi untuk membangun TTS, sehingga PJ bupati tidak boleh menonjolkan figur tertentu. Jika berbicara soal pembangunan di TTS, semua pihak berkontribusi untuk membangun TTS, sehingga harus mendapat perlakuan yang sama dari pemerintah.

“Dengan adanya kondisi ini, kami PDI Perjuangan akan berkoordinasi dengan partai lain untuk memperketat pengawasan terhadap ASN, yang nanti terlibat politik praktis. Saya juga minta kepada Diskominfo untuk group Facebook bupati TTS periode 2019-2024, dinonaktifkan karena di group itu sering posting ucapan duka dan sebagainya mengatas namakan ketua DPD II Partai Golkar, Epy Tahun yang adalah mantan bupati TTS,” tegas Deki

PJ Bupati TTS, Seperius Edison Sipa ketika dikonfirmasi mengatakan kehadiran mantan bupati TTS Egusem Piter Tahun pada acara pelantikan penjabat Sekda TTS, sebagai sesepuh daerah.

Menurut Sipa, pada momen itu tersebut tidak hanya Epy Tahun yang diundang sebagai sesepuh daerah melainkan sesepuh yang lainnya juga ikut diundang. Meski demikian, Sipa tidak dapat memastikan sesepuh daerah lainnya yang ikut diundang pada acara tersebut.

Sedangkan terkait kehadiran mantan bupati TTS pada acara peresmian gedung puskesmas prototipe Ayotupas diundang oleh masyarakat di sana.

“Kami ada undang sesepuh daerah yang lainnya juga, tapi yang hadir hanya pak Epy Tahun. Yang undang para sesepuh daerah adalah staf, sehingga saya tidak tahu siapa-siapa yang diundang. Masa saya harus urus sampai undangan,” elaknya.(***)

Example 300250
Example 120x600