Example 728x250
BeritaPOLITIK

Bawaslu TTS Polisikan Perusak Baliho Caleg 

92
×

Bawaslu TTS Polisikan Perusak Baliho Caleg 

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Ketua Bawaslu, Desi Nomleni didampingi Gakkumdu melaporkan kasus pengrusakan baliho caleg ke Polres TTS.

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Desi Nomleni bersama jajaran Gakkumdu resmi melaporkan kasus pengrusakan baliho Caleg ke Polres TTS, Senin 22 Januari 2024. Pelaku berinisial RM dipolisikan atas dugaan merusak baliho milik Caleg PKS, Kondrat Dollu yang dipasang di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan.

“ Hari ini kita resmi melaporkan kasus dugaan pidana pemilu ke Polres TTS untuk proses lebih lanjut,” ungkap Desi didampingi Komioner Bawaslu, Ridwan Tapatfeto, Kasi Intel Kejari TTS, I. Putu Eri Setiawan, SH, Kasi Pidum Kejari TTS, Frengki Radja dan Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Joel Ndolu.

Selain membuat laporan, Bawaslu TTS juga menyerahkan barang bukti berupa baliho caleg yang dirusak.

“ Kita juga menyerahkan baliho caleg yang dirusak dan beberapa dokumen terkait laporan kita ke Polres TTS,” ujarnya.Ket foto : Nampak Komisoner Bawaslu TTS didampingi Gakkumdu sedang melaporkan kasus pengrusakan baliho caleg ke Polres TTS.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Joel Ndolu menegaskan, usai menerima laporan tersebut, pihaknya akan langsung melakukan penyidikan terkait kasus pidana pemilu tersebut.

“ Kita akan menyelesaikan administrasi terkait penyidikan sehingga bisa langsung melakukan pemanggilan kepada pihak terkait dan pengumpulan bukti. Kita memiliki waktu 14 hari untuk merampung berkas kasus ini,” ungkap pria berkaca mata ini.

Diberitakan sebelumnya, aksi pengrusakan baliho Caleg di Kabupaten TTS sudah sangat meresahkan. Pasalnya, aksi pengrusakan ini tidak hanya terjadi di kota soe saja, tetapi sudah sampai ke pelosok desa.

Oleh sebab itu, Bawaslu Kabupaten TTS diminta untuk proaktif melakukan pencegahan dan juga melakukan penindakan tegas guna memberikan efek jerah.

” Pengrusakan baliho ini memang sudah sangat meresahkan. Kemarin saya di Nunkolo juga ada baliho yang dirusak. Sehingga kita berharap Bawaslu bisa proaktif melakukan pencegahan dan juga penindakan secara tegas guna memberikan efek jerah kepada para pelaku,” pinta Ketua DPC Hanura Kabupaten TTS, Marthen Tualaka kepada SUARA TTS. COM, Kamis 4 Januari 2023.

Oleh sebab itu lanjut Marthen, Bawaslu diminta tidak hanya menunggu laporan pengrusakan baliho saja, tetapi juga aktif menindak melalui temuan lapangan. Pasalnya, personel Bawaslu saat ini sudah sampai ke tingkat desa.

Sehingga ruang lingkup pengawasan semakin kecil.(DK)

Editor : Erik Sanu 

Example 300250
Example 120x600