Example 728x250
BeritaHealthPEMERINTAHANSOSIAL

Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Kabupaten TTU Uji Coba GeNose

81
×

Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Kabupaten TTU Uji Coba GeNose

Share this article
Example 468x60

MEDIAKITA – Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT melakukan uji coba penggunaan GeNose untuk screening Covid-19.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Thomas Lake dan Ketua II Satgas Covid-19, Letkol Arm. Roni Junaidi, Jumat (13/8), di Kefamenanu.
Thomas Lake mengatakan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten TTU saat ini adalah melakukan koordinasi dalam rangka melaksanakan proses tracking, testing, dan treatment (3T).
Menurut Thomas, langkah tersebut merupakan tindak lanjut menyusul adanya instruksi Pemerintah Pusat terkait meningkatnya jumlah pasien positif covid-19 yang menyebar di semua wilayah NTT belakangan ini. Selain itu, pihaknya bersama TNI-Polri melakukan ujicoba penggunaan GeNose untuk screening Covid-19, dan akan melakukan proses tracking, testing, dan treatment di wilayah Kabupaten TTU.
Ketua II Satgas Covid-19, Letkol Arm. Roni Junaidi, mengatakan upaya Satgas dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten TTU terus dilakukan pihaknya bersama semua unsur terkait, diantaranya Dinas Kesehatan, Kodim 1618/TTU dan Polres TTU dengan menggelar rapat koordinasi dalam rangka kegiatan tracking, testing dan update data Covid-19 di wilayah Kabupaten TTU.
Selain koordinasi dalam rangka melaksanakan 3T, Satgas Covid-19 juga melakukan ujicoba terhadap penggunaan GeNose untuk screening Covid-19. Penggunaan GeNose bertujuan untuk mempermudah proses screening kesehatan terhadap masyarakat maupun pelaku perjalanan yang hendak masuk ke wilayah TTU.
“Dalam pertemuan bersama Kadis Kesehatan, Kapolres TTU, kita lakukan koordinasi untuk melaksanakan tracing, testing dan juga melakukan ujicoba Genose C-19. Selanjutnya poin penting yang dibahas adalah pelaksanaan tracing dan testing agar lebih optimal dengan jadwal dari call center Satgas Covid, kemudian pelaporan data Covid-19 serta ujicoba GeNose C-19,” pungkasnya.
Sebelumnya, Bupati TTU, Juandi David, mengatakan Pemerintah Kabupaten TTU memesan dua unit GeNose untuk mempermudah proses screening kesehatan terhadap masyarakat maupun pelaku perjalanan yang hendak masuk ke wilayah TTU. Dua unit GeNose tersebut nantinya akan ditempatkan di Posko Oeprigi dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu. (TR)

Example 300250
Example 120x600