Example 728x250
BeritaNasionalPEMERINTAHANPENDIDIKANSOSIAL

Kampung Merah-Putih Oeseli di Rote Ndao, Beranda Terselatan NKRI

134
×

Kampung Merah-Putih Oeseli di Rote Ndao, Beranda Terselatan NKRI

Share this article
Example 468x60

MEDIAKITA – Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, meresmikan Kampung Merah-Putih, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (14/8).
Kampung Merah-Putih wujud hasil karya jajaran Satuan Tugas (Dansatgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) Wilayah Timur Pos Pulau Ndana, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT, bersama masyarakat setempat.
Peresmian Kampung Merah-Putih pengguntingan pita di gapura masuk Kampung Merah-Putih Oeseli oleh Bupati Paulina didampingi Wakil Bupati Stafanus M Saek, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Permadi, Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Mohammad Noordin Mutaqien, Wakapolres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, Sekda Rote Ndao Jonas M Selly, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany, Kepala BNNK Rote Ndao R Bogie Satria, Kepala Bank NTT KC Rote Ndao Sender Dewa Lele, dan Kabag Umum Setda Rote Ndao Handryans Bessie.
Bupati Paulina dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) Wilayah Timur Pos Pulau Ndana Lettu (Mar) Aghy Kauna bersama jajaran atas gagasan membangun Kampung Merah-Putih di Desa Oeseli tersebut.
“Meski saat ini kita masih ada dalam suasana pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, namun sebagai bukti nyata Bhakti Bagi Negeri menjelang HUT ke-76 RI, Dansatgas Pam Puter dan jajaran berhasil membuat inovasi Kampung Merah-Putih ini. Pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan mendukung gagasan ini,” kata Bupati Paulina.
Bupati Paulina berharap kiranya Kampung Merah-Putih ini dapat berkontribusi tidak hanya menumbuhkembangkan semangat Cinta Tanah Air, tetapi juga dalam mengembangkan pariwisata Telaga Nirwana di wilayah tersebut dan tentunya ekonomi kreatif masyaraat setempat.
“Kampung ini harus dijaga dan dikelola dengan baik untuk memancing wisatawan karena merupakan satu kesatuan dengan ojek wisata Telaga Nirwana yang kini masuk dalam ajang API 2021. Masyarakat Kampung Merah-Putih dan Desa Oeseli pada umumnya harus tetap semangat menjalankan usaha ekonomi kreatif dan jasa pariwisata yang dianugerahkan Tuhan. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 segera berlalu dan roda perekonomian kembali berjalan,” tutup Bupati Paulina.
Dalam kesempatan itu, Bupati Paulina juga menyerahkan bantuan hibah Lopo Promosi Seni Budaya bagi Seniman Sasandu salah satunya di Desa Oeseli dan Piagam penghargaan kepada Lettu (Mar) Aghy Kauna beserta jajaran atas peran serta kontribusi dalam menjaga keamanan, meningkatkan Nasionalisme masyarakat dan pariwisata di Kabupaten Rote Ndao.
Terpisah, Dansatgas Pamputer Wilayah Timur Pulau Ndana Lettu (Mar) Aghy Kauna menjelaskan, Kampung Merah-Putih Desa Oeseli dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air dengan dukungan dari Lanal Pulau Rote, BNNK Rote Ndao, Bank NTT KC Rote Ndao, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, sejumlah OPD terkait lingkup Pemkab Rote Ndao, serta mitra swasta dan para tokoh masyarakat dan tokoh agama.
Menurut Aghy, Kampung Merah-Putih ini merupakan cikal-bakal Kampung Bahari Nusantara yang kelak akan dibina secara berkelanjutan oleh TNI-AL melalui Lanal Pulau Rote.
Ia mengisahkan, pembantukan Kampung Merah-Putih Desa Oeseli ini dimulai tanggal 20 Juli 2021. Di mana Satgas Pamputer bersama masyarakat Desa Oeseli bahu membahu mempersiapkan dengan mewarnai seluruh bangunan serta pohon dengan nuansa merah putih. Selain itu juga menghias dengan menancapkan umbul umbul serta bendera merah putih untuk menambah semangat serta semarak peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia.
Selain itu, tambah Aghy, dalam rangkaian kegiatan peresmian Satgas Pamputer Pos Pulau Ndana juga membagikan 500 masker dan bendera merah putih kepada masyarakat dan anak anak, tes urine, pelatihan Kader Bela Negara dengan instruktur Kepala BNNK Rote Ndao, penyuluhan UMKM kepada petenun tradisional oleh Kepala Bank NTT KC Rote Ndao, dan sosialisasi pajak oleh DJP Rote Ndao.
Ke depan, kata dia, diharapkan masyarakat yang telah menerima pembekalan Bela Negara, dapat menjadi contoh dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
“Semoga Kampung Merah-Putih di beranda paling selatan NKRI ini dapat menginspirasi dan menjadi contoh Semangat Kemerdekaan dan Perjuangan di tengah Pandemi Covid-19,” ujar Aghy Kauna.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung sehingga Kampung Merah-Putih ini dapat terwujud, dan tentunya kepada Komandan Lanal Pulau Rote yang akan menjadikan kampung ini sebagai Kampung Bahari Nusantara. Di mana akan melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang positif ke depannya.
Untuk diketahui, dalam kegiatan peresmian Kampung Merah-Putih Desa Oeseli tersebut, Dan Satgas Pamputer Wilayah Timur Pos Pulau Ndana Lettu (Mar) Aghy Kauna menerima 2 penghargaan sekaligus, yakni dari Bupati Rote Ndao dan pemberian gelar (nama adat) ‘Tou Nusa Deak’ yang artinya Ksatria dari Pulau Terluar. (TR)

Example 300250
Example 120x600