Example 728x250
Berita

Pesan Penting SPK Untuk Masyakat Tapal Batas RI-RDTL

428
×

Pesan Penting SPK Untuk Masyakat Tapal Batas RI-RDTL

Share this article
Example 468x60

 

Ket. Foto : nampak Kasrem Simon sedang menanam anakan pohon kelapa 

Example 300x600

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

SUARA TTS. COM | SOE – Upaya pelestarian alam dan sumber daya air menjadi sorotan dalam pembukaan lahan pertanian seluas 12 hektar di Tapal Batas Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste (RI – RDTL). Kasrem 161/Wira Sakti Kupang,Kolonel Simon Petrus Kamlasi, menggarisbawahi pentingnya menjaga lingkungan alam sekaligus memanfaatkan sumber daya air untuk kebutuhan vital, seperti air bersih dan pertanian.
Dalam kesempatan tersebut, Kasrem 161/Wira Sakti Kupang mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga keberlangsungan alam dan air. “Segala yang telah diberikan kepada kita, marilah kita jaga bersama agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk kebutuhan air bersih dan pertanian. Menebang pohon secara sembarangan harus dihindari, dan mari kita bersama-sama menjaga sumber air yang telah kita miliki untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Kasrem.
Simon Petrus Kamlasi atau yang akrab disapa SPK juga turut memberikan pesan penting terkait keberlanjutan lingkungan. “Kita harus terus mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga alam dan sumber air karena hal ini merupakan kebutuhan utama manusia. Di Kabupaten TTS, banyak lahan yang belum dimanfaatkan, sehingga penting bagi kita untuk memanfaatkan sumber air yang ada dengan bijak, terutama melalui penggunaan pompa hidram dan sumur bor yang telah disediakan untuk mendukung kegiatan pertanian,” ujarnya.
Ditambahkan SPK bahwa 12 HA lahan pertanian yang dibuka hari ini, kita Akan Membuat Integrated Farming sehingga pemanfaatannya ada keterkaitan antara tanaman perkebunan/pangan/hortikultura) serta ternak dan perikanan untuk mendapatkan agroekosistem yang mendukung produksi pertanian, peningkatan ekonomi dan pelestarian sumberdaya alam.
” Kita akan membuat Integrated Farming sehingga bisa membantu kembali pemerintah ke depan , Kita memprediksi program penyediaan makanan tambahan untuk masyarakat oleh pemerintah nantinya akan disambut oleh masyarakat , diantaranya setiap hari harus ada sayur telur dan ikan yang keluar dari sini sehingga berkesinambungan program pemerintah untuk memberikan sentuhan langsung kepada masyarakat “, Jelasnya
Selain itu Tambah KSP bahwa banyak tenaga kerja kita yang berada di luar negeri sehingga smart farming yang mereka pelajari di luar negeri itu bisa diterapkan di sini. Dan Mereka menjadi energi yang terbaharukan menggunakan solar cell, pompa Hidram dan lain sebagainya. Karena ini pasti akan menjadi percontohan dan akan menjadi replika di daerah-daerah lain,” Tutup Kasrem.

Ket. Foto: nampak suasana foto bersama usai penanaman anakan pohon
Untuk diketahui Integrated Farming System atau sistem pertanian terpadu merupakan sistem pertanian yang mengintegrasikan kegiatan sub sektor pertanian, tanaman, ternak, ikan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas sumber daya (lahan, manusia, dan faktor tumbuh lainnya), yang mendukung produksi pertanian, peningkatan ekonomi dan pelestarian sumberdaya alam, serta kemandirian dan kesejahtraan petani secara berkelanjutan.
Pembukaan lahan pertanian ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, seperti Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes dan istri , Kasrem 161/Wira Sakti Kupang, Kolonel Simon Petrus Kamlasi (SPK) dan istri , Kasi Ops Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf. Herwin Rizayan Iszal, S.I.P., M.Si., Dandim 1605/Belu Letkol Arh.Suhardi dan istri, serta di ikuti melalui Vicon bersama Kodim 1621/TTS, Kodim 1604/Kupang, tepatnya Koramil 1604-08/Sabu Raijua.
Kegiatan tersebut tidak hanya menandai pembukaan lahan baru, tetapi juga menegaskan komitmen untuk menjaga keberlanjutan alam dan sumber daya air guna mendukung kehidupan dan pertanian di wilayah tersebut.
Pantauan Wartawan, Usai Vicon Bersama dilanjutkan peletakan batu pertama bak Penampungan air sekaligus penyerahan pompa solar cell. (DK)

Example 300250
Example 120x600