Example 728x250
PEMERINTAHAN

Pimpinan OPD Lingkup Pemda TTS Bantu Korban Banjir Toineke

406
×

Pimpinan OPD Lingkup Pemda TTS Bantu Korban Banjir Toineke

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Nampak sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda TTS saat menyerahkan bantuan bagi korban banjir.

Laporan Reporter SUARA TTS. COM, Dion Kota

Example 300x600

SUARA TTS. COM | SOE – Korban banjir di Desa Toineke, Kecamatan Kualin mendapatkan bantuan sembako dari Pemda TTS. Bantuan tersebut langsung diantar para pimpinan OPD yang dipimpin PLT Sekda TTS, Deny Nubatonis, Rabu 13 Maret 2024.

Bantuan berupa telur, beras, minyak goreng telur, mie, biskuit dan roti tersebut diserahkan kepada pemerintah desa untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir.

Plt Sekda TTS, Deny Nubatonis mengatakan, bantuan yang diberikan dikumpulkan secara spontan oleh pada pimpinan OPD lingkup Pemda TTS. Hal itu merupakan bentuk kepedulian kepada para korban banjir.

“ Bantuan ini merupakan aksi spontanitas para pimpinan perangkat daerah. Para Kadis dan Kaban. Mereka secara spontan mengumpulkan sembako untuk diserahkan kepada keluarga terdampak banjir di Toineke. Semoga bantuan yang diberikan bisa membantu dan meringankan beban masyarakat yang menjadu korban banjir,” ungkap Deny.

Selain bantuan yang dikumpulkan secara spontan tersebut jelas Deny, ada juga titipan bantuan dari BPJS, dan langsung diserahkan kepada kepala desa. Ket foto : Nampak bantuan sembako yang dibawa pimpinan OPD untuk para korban banjir di Desa Toineke.

Bantuan itu dikatakannya sengaja diserahkan kepada pemerintah desa karena pemerintah desa yang paling mengetahui warganya yang benar-benar membutuhkan.

” Bantuan ini kita serahkan kepada pemerintah Desa Toineke. Setelah diterima oleh pemerintah desa, nantinya bantuan ini akan disalurkan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir. Dalam penyaluran bantuan, akan diawasi oleh pemerintah kecamatan agar benar-benar tepat sasaran,” terang pria berkaca mata Ini.

Diberitakan sebelumnya, Banjir yang melanda Desa Toineke, Kecamatan Kualin Kabupaten TTS pada Senin 11 Maret 2024 lalu kini telah surut. Banjir yang disebabkan oleh luapan kali Noemuke tersebut, sempat merendam belasan rumah warga dengan ketinggian 40 hingga 50 Cm.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Timor Tengah Selatan (TTS), Yeri Nakamnanu kepada SUARA TTS. COM, Rabu 13 Maret 2024 mengatakan, banjir yang sempat merendam belasan rumah warga Desa Toineke tersebut kini sudah surut.

Banjir tersebut dipicu oleh pendangkalan permukaan kali Noemuke. Dimana sedimen lumpur yang menumpuk menyebabkan muka permukaan kali Noemuke naik. Selain itu, terjadi sumbatan di saluran drainase yang berada di Desa Toineke sehingga menghambat air mengalir ke laut. (DK)

Editor : Erik Sanu 

Example 300250
Example 120x600