Example 728x250
PENDIDIKAN

Sentra Layanan Universitas Terbuka GALATYA Kualin Diresmikan

59
×

Sentra Layanan Universitas Terbuka GALATYA Kualin Diresmikan

Share this article
Example 468x60

Ket Foto : Nampak Rektor Universitas Terbuka Indonesia,Prof Oja Marojat bersama Ketua SALUT Galatya Kualin ,Febi Nailius saat acara peresmian di Kupang 

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,TIM

Example 300x600

SUARA TTS.COM | BUMN – Rektor Universitas Terbuka Indonesia meresmikan sejumlah Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) yang tersebar di 3 Kabupaten di Provinsi NTT.

Salah satu SALUT yang diresmikan adalah SALUT Galatya yang terletak di Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Acara peresmian dilakukan setelah penandatanganan MoU dan PKS antara UT dan Kabupaten TTS,Malaka dan Nagekeo yang berlangsung di Kampus UT Kupang,Selasa 23/1/2023.

Salut Gatalya Kualin sebelumnya merupakan les privat yang dirintis pada tahun 2020 oleh Febi Nailius bersama sang suami Yes Hadjo yang merupakan anggota polisi di Polsek Kualin.
Dalam perjalanannya, UT menjadikan Les Privat Galatya sebagai Pokja dan kemudian naik status menjadi SALUT setelah lolos uji kelayakan. Ket foto : Ketua SALUT Galatya bersama mahasiswa.

Ketua SALUT Galatya Febi Nailius, S.Pd kepada SUARA TTS.COM mengatakan dari awal perjalanan, ia memulai mendirikan les privat Galatya.

Kerinduan besar untuk memajukan pendidikan membuatnya terus berpikir apa yang akan dilakukan lagi setelah ada les privat.
Bak gayung bersambut, ia pun mendapat kesempatan bertemu dengan direktur UT Kupang yang kemudian mendapat kepercayaan merekrut mahasiswa baru dan dijadikan Pokja.

Selanjutnya pada bulan November 2023, pihak UT melakukan survei lokasi perkuliahan yang dihadiri oleh Pemerintah kecamatan, mahasiswa serta masyarakat.
Dari hasil pengawasan tersebut, Pokja dinyatakan layak naik status menjadi Sentra Layanan.

“Puji Tuhan..kita ternyata kita layak naik status dari Pokja ke Sentra Layanan UT setelah memenuhi persyaratan yaitu punya gedung yang ada sertifikat, fasilitas dan pelayanan yang memuaskan”,ujar Febi.

Dirinya merasa bangga karna akhirnya memperoleh legalitas. Dengan adanya legalitas itu kata Febi, tentunya ia punya tanggung jawab yang lebih besar ke depan.

Febi berharap siswa siswi lulusan sekolah yang ada di Kualin baik swasta maupun negeri nantinya bisa menjadikan UT sebagai tujuan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi karena banyak keuntungan.
“Saya berharap lulusan dari sekolah yang ada di Kualin bisa masuk UT. Tentu ada banyak keuntungan yaitu bisa tetap tinggal bersama orang tua, tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk tempat tinggal dan tentu biaya UT lebih murah namun memberikan pendidikan yang berkualitas”,ujar Kepala SMP Negeri 3 Amanuban Selatan ini.(TIM)

Example 300250
Example 120x600