Example 728x250
PENDIDIKAN

UT Jangkau Pelosok TTS, SALUT Galatya Kualin  Diresmikan

417
×

UT Jangkau Pelosok TTS, SALUT Galatya Kualin  Diresmikan

Share this article
Example 468x60

Ket foto : Nampak Direktur UT Provinsi NTT Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd.

Laporan Reporter SUARA TTS.COM,Erik Sanu

Example 300x600

SUARA TTS.COM | SOE – Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) adalah fasilitas layanan UT yang berada di kota/kabupaten yang merupakan perpanjangan tangan UT di daerah. SALUT berfungsi untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa, calon mahasiswa atau masyarakat terkait dengan informasi UT, registrasi, perolehan bahan ajar, pembelajaran dan kegiatan lainnya.

Di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) kini ada SALUT GALATYA Kualin yang diresmikan,Selasa 5/3/2023 oleh Direktur UT Provinsi NTT Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd.

Hadir pada kesempatan tersebut Kabag Tata Usaha UT Kupang Ansari Wahab,S.Sos, Penanggung jawab UT wilayah TTS Jenny M. Ratukore,S.Ikom, Staf ahli Jack Benu,ST,MT, Kapolsek Kualin IPDA FAISAL E. ALANG, SH, MH, Selasari Mityoba Tafui S dari Dinas P K, Wakil Bupati Sabu Raijua Johanis Uly Kale,A.Md.,S.Pd,Anggota DPRD DPRD TTS Roy Babys, S.IP Camat Kualin Welhelmus Nabunome, S.Pi,M.Si, Camat kolbano Dominggus E. Boimau,S.Ap, Ketua Klasis Kuanfatu Pdt Yanni B.Tahun S.Th,Sesepuh Sentra layanan UT Egusem P. Tahun.ST.MM, Para kades, Para kepala TK/Paud,SD/SMP/SMA/SMK,Tokoh masyarakat, tokoh adat,tokoh pendidikan dan Tokoh agama.

Direktur UT, Dr. Ajat Sudrajat,M.Pd dalam sambutannya mengatakan UT hadir melalui 36 Salut di NTT termasuk di Kualin.

Dikatakan SALUT Galatya merupakan SALUT bungsu karna baru dibentuk 6 bulan namun dengan diresmikannya SALUT maka dipersilahkan untuk merekrut mahasiswa.

Pihaknya juga sudah mengusulkan agar nantinya ujian bisa dilaksanakan di SMA Kualin. Dirinya berharap dengan adanya Salut Galatya ke depan mahasiswa bisa bertambah.

“Kita sudah membantu masyarakat sehingga tidak perlu jauh ke kota karna kita sudah jangkau di daerah terpencil di Kualin”, ujarnya.Ket foto : Nampak suasana peresmian SAKUT Galatya di Kecamatan Kualin.

Kepala SALUT Galatya Kualin,Feby Nailius,S.Pd mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada UT yang telah memberikan kepercayaan kepada Salut Galatya sebagai perpanjangan tangan untuk memajukan pendidikan.

Meski baru berjalan kurang lebih dari 1 tahun namun bisa menerima mahasiswa dan melakukan aktifitas perkuliahan.

“Berbagai proses telah kami lalui sejak bulan Agustus tahun lalu. Banyak hal yang telah dilalui dan hari ini kami tidak lagi disebut kelompok lagi tetapi Sentra Layanan UT yang merupakan perpanjangan tangan UT di daerah”,ujar Ujar Istri dari Anggota Polres TTS,Yeskial Hadjo ini

Lebih lanjut dikatakan, UT sebagai pelopor pendidikan yang sudah ada puluhan tahun di Kabupaten TTS namun baru kali ini ada Sentra.

Dirinya lantas berkisah tentang Salut Galatya yang sebelumnya adalah Pokja namun seiring berjalannya waktu, dilakukan perjanjian kerja sama antara UT dan Pemda TTS

Dengan adanya Salut Galatya,pihaknya berhadap ada perhatian dan bisa melakukan ujian di Kualin.

Pemda maupun DPRD TTS sangat mendukung keberadaan UT yang sudah menjangkau pelosok TTS. Melalu Staf ahli Jack Benu berharap kehadiran UT memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kecamatan Kualin.

“Dengan hadirnya SALUT di Kualin  itu pertanda bahwa pendidikan sudah masuk hingga ke pelosok karna itu semua warga wajib memanfaatkan peluang ini.

Dirinya mengajak semua pihak mendukung kehadiran UT di TTS terutama di Kualin.

Sementara itu anggota DPRD TTS,Roy Babys mengatakan bahwa sebagi mantan mahasiswa UT dirinya sangat peduli dengan pendidikan.

Ia mengajak semua pihak mendukung UT karna sudah menjawab kekurangan masyarakat

“Saya ajak sama mari dukung karna UT hadir menjawab kekurangan kita. Saya juga bermimpi dengan adanya SALUT, tempat ini bisa dijadikan pusat kegiatan belajar masyarakat”,ujar politisi PKB ini (Sys).

 

Example 300250
Example 120x600